Pages

Jumat, Juni 19, 2009

H1N1 Tak Terbendung di Thailand

PENYEBARAN virus A-H1N1 seolah tak terbendung lagi. Di Thailand, jumlah kasus flu yang disebabkan virus ini mencapai 50 persen. Departemen Kesehatan Thailand memastikan munculnya 109 kasus baru. Ini jumlah kasus terbanyak hanya dalam satu hari. Kini Negara Gajah Putih tersebut telah mencatat adanya 310 kasus influenza AH1N1.

Supaya kasus tak bertambah banyak, pemerintah pun memutuskan menutup puluhan sekolah, setidaknya selama sepekan mendatang. Pemerintah Thailand juga terus memberikan pemahaman tentang virus ini kepada masyarakat. Caranya dengan satu juta buklet kesehatan tentang flu A-H1N1. "Buklet ini berisikan cara menghindari virus A-H1N1 itu," kata Wakil Menteri Kesehatan Publik Manit Nopamornbodi.

Selandia Baru pun terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus A-H1N1. Betapa tidak, di negara ini kasus flu yang disebabkan virus tersebut meningkat tiga kali lipat. Kini mereka telah mencatat 109 kasus flu yang disebabkan virus tersebut.

Untuk mengantisipasinya, pemerintah setempat mengimbau warganya untuk tetap tinggal di rumah. Wakil Direktur Kesehatan Publik Fran McGrath mengatakan, pemerintah tetap berusaha menghambat penyebaran virus sehingga tak bertambah parah saat memasuki musim dingin.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Tony Ryall menyatakan penyebaran virus itu akan memicu ketegangan di berbagai rumah sakit di Selandia Baru. "Jika penyebaran virus ini semakin parah, kemungkinan bisa ada 35.000 orang yang masuk rumah sakit," ujarnya.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Margaret Chan mengingatkan, pandemi influenza A-H1N1 bisa melumpuhkan negara berkembang dan miskin. Menurutnya, negara berkembang akan menjadi kelompok paling rentan dengan kondisi paling parah. (Lifestyle.okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar