Pages

Senin, April 20, 2009

Pelaksanaan UN SMA/MA/SMK 2009


Sebagai puncak kegiatan belajar mengajar selama tiga tahun layak kiranya kegiatan ujian nasional tahun ini mendapat persiapan dan perhatian khusus. Bukan hanya siswa yang memberikan porsi persiapan dan perhatian lebih pada kegiatan ini, guru dan orang tuapun seolah begitu khawatir bila ujian kali ini hasilnya mengecewakan mereka, pun demikian dengan pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelumnya. Bagaimana tidak untuk dinyatakan berhasil dan lulus dalam ujian nasional tahun ini siswa harus memperoleh nilai rata-rata 5,50 lebih tinggi dari nilai kelulusan dua tahun lalu, yaitu 5,25 dan 4,50. Melalui kolaborasi antara Dinas Dikpora dan pihak sekolah yang didukung oleh orang tua telah dilakukan berbagai upaya dalam mempersiapkan siswa menempuh ujian nasional kali ini, yaitu diantaranya menambah porsi jam belajar di sekolah, melaksanakan try out, melakukan sosialisasi Ujian Nasional dan yang tak kalah penting adalah mengadakan doa bersama menjelang pelaksanaan ujian nasional.
Senin pagi hari tepat pukul 08.00 wita secara serentak di seluruh Kabupaten Lombok Tengah dilaksanakan Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA/SMK untuk selama lima hari mulai dari tanggal 20-24 April 2009. Seolah menguji keampuhan segala macam persiapan selama ini sebanyak 8.603 siswa SMA/MA/SMK yang berasal dari 145 sekolah yang tergabung dalam 13 sub rayon/sekolah penyelenggara berfikir, memeras otak dan berusaha menyelesaikan soal dalam dua jam untuk setiap mata pelajaran, tentunya dengan menjawab benar untuk semua pertanyaan. Untuk hari pertama mereka harus menyelesaikan soal-soal Bahasa Indonesia dan Biologi untuk program IPA, Bahasa Indonesia dan Sosiologi untuk Program IPS, Bahasa Indonesia dan Antropologi untuk Program Bahasa. Pada hari kedua dan ketiga mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika untuk semua program, hari keempat mata pelajaran Fisika untuk Program IPA, Geografi untuk Program IPS dan Sastra Indonesia untuk Program Bahasa dan untuk hari kelima mata pelajaran Kimia untuk Program IPA, Ekonomi untuk Prgoram IPS dan Bahasa Asing untuk Program Bahasa. Untuk siswa SMK mereka hanya melaksanakan ujian nasional untuk tiga mata pelajaran selama tiga hari, yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika sedangkan untuk pelajaran yang terkait dengan program keahlian sudah dilaksanakan pada uji kompetensi yang dilaksanakan tanggal 20 Maret 2009.
Kalaulah upaya telah disiapkan, usaha telah dijalankan dan doa telah dipanjatkan, maka tawakal adalah akhirnya. Selamat berjuang anak-anakku untuk masa depanmu, harapan orang tuamu, kebanggaan gurumu dan kemajuan bangsamu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar